Skip to main content

Apa itu Object Oriented Programming (OOP)

Object Oriented Programming
(OOP)


MENELISIK TENTANG OOP (OBJECT ORIENTER PROGRAMMING)
OOP ( Object Oriented Programming ) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi, setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek. Objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi.
Dalam OOP terdapat konsep dasar, yaitu :
1.      Encapsulation (Pembungkusan)
Variabel dan method dalam suatu obyek dibungkus agar terlindungi dari pengguna obyek. Konsep ini pada dasarnya merupakan perluasan dari tipe data struktur.
2.      Inheritance (Pewarisan)
Inheritance adalah penurunan sifat dari Superclass kepada Subclass sehingga apa yang dimiliki oleh Superclass , dimiliki juga oleh Subclass. Class yang mewarsisi disebut superclass, sedangkan class yang diberi warisan disebut subclass. Begitu juga dengan subclass, subclass juga bisa mewariskan atau berlaku sebagai superclass bagi class yang lain yang disebut Multilevel Inheritance.
3.      Polymorphism ( Perbedaan Bentuk )
Polymorphism merupakan kemampuan objek-objek berbeda kelas dalam pewarisan objek untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama dan untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan kepada sebuah objek.
4.      Class
Class adalah penggambaran sebuah objek dan juga tentang fungsi objek itu sendiri. Di dalam class dideklarasikan variable dan method yang dimiliki objek. Proses pembuatan obyek dari sebuah class disebut Instantiation. Class memiliki anggota yang disebut Class Member. Class Member tediri dari atribut dan method.

1.      Method
Method adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek. Method didefinisikan pada class , akan tetapi dipanggil melalui object. Method sangat menentukan perilaku objek.
2.      Atribut
Atribut adalah sesuatu yang dimiliki oleh sebuah class.
5.      Object
Object adalah hasil bentukan dari class
PROPERTIES DAN EVENT PADA KONSEP OOP
      1.      Properties
Properties adalah atribbut-atribut yang melekat pada sebuah objek yang biasanya merupakan karakteristik penampilannya seperti warna, jenis huruf, ukuran dan sebagainya. Properti sebuah objek dapat diubah saat memprogram atau pada saat program dijalankan.
      2.      Event
Event adalah kejadian atau segala sesuatu yang dapat dialami oleh sebuah objek. Suatu objek dapat memiliki banyak event.

CONTOH ILUSTRASI PEMBUATAN OBJECT  DALAM OOP


Class   : Radio
Object : Radioku

Attribute :
Warna kuning jeruk
Merek Kick Denim
Pemutar Volume
Tombol on/off

Method :
Membesarkan volume
Menyalakan radio
Mematikan radio

Dari contoh diatas, terdapat satu buah class Radio dengan object Radioku . Object dalam class Radio bisa dibuat lebih dari satu. Kita bisa membuat object Radioku, Radiomu, Radionya Edi, ataupun Radionya Sun. Banyak object yang dapat diciptakan dari satu kelas yang sama seperti halnya banyak radio yang dapat dibuat dari satu gambar rancangan yang sama.

Kelebihan OOP ( Object Oriented Programming )
1.  OOP menyediakan struktur modular yang jelas untuk program sehingga OOP sanat bagus digunakan untuk mendefinisikan tipe data abstrak di mana detail implementasinya tersembunyi.
2.   OOP mempermudah dalam maintenance, memodifikasi bahkan membuat sebuah objek yang baru tanpa mengubah kode yang sudah ada.
3.    OOP menyediakan framework untuk library code dimana komponen software yang tersedia dapat dengan mudah di adaptasi dan di modifikasi oleh programmer. Hal ini sangat berguna untuk mengembangkan GUI ( Graphical User Interface ) dan UX ( User Xperience ).
4. Multiplatform . OOP dapat dijalankan di berbagai sistem operasi sekaligus. Dengan menggunakan prinsip “Tulis sekali, jalankan dimana saja”.
Kekurangan OOP ( Object Oriented Programming )
1.  Mudah didekomplikasi. Artinya mudah dilakukan pembalikan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak.
2.      Meskipun bersifat Multiplatform , namun masih ada beberapa hal yang tidak kompatible antara platform satu dengan platform lain
KARAKTERISTIK OBJECT ORIENTED PROGRAMMING
  •  Semua adalah objek.
  • Komputasi dilakukan dengan komunikasi antar objek. Setiap objek berkomunikasi dengan objek yang lain melalui pengiriman dan penerimaan pesan.
  • Sebuah pesan merupakan permintaan atas sekumpulan aksi dengan semua argumen yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu.
  • Setiap objek memiliki memori sendiri, yang dapat terdiri dari objek-objek lainnya.
  • Setiap objek adalah wakil atau representasi dari suatu kelas. Sebuah kelas dapat mewakili sekelompok objek yang sama.
  • Kelas merupakan kumpulan tingkah laku yang berkaitan dengan suatu objek. Jadi, semua objek yang merupakan wakil dari kelas yang sama dapat melakukan aksi yang sama pula.
  • Kelas-kelas diorganisasikan ke dalam struktur pohon yang berakar tunggal, yang dinamakan dengan jenjang pewarisan (inheritance hierarchy).
  • Setiap objek pada umumnya memiliki tiga sifat, yaitu keadaan, operasi dan identitas objek.
  • Operasi merupakan tindakan yang dapat dilakukan oleh sebuah objek.
  • Keadaan objek merupakan koleksi dari seluruh informasi yang dimiliki oleh objek pada suatu saat.
  • Informasi yang terkandung pada objek tersebut pada akhirnya memberikan identitas khusus yang membedakan suatu objek dengan objek lainnya.

     Sumber Referensi :

     http://mikael23.blogspot.com/2012/04/kelebihan-dan-kekurangan-pemrograman.html
     http://sufroni.blogspot.com/2010/05/kelebihan-kekurangan-pemrograman.html
     http://materijava.wordpress.com/2009/09/10/mengenal-object-oriented-programming/
     http://alqaa.wordpress.com/2011/10/14/apa-itu-objek-kelas-variabel-method-dalam-object-oriented-programming-oop/
     http://www.mikron123.com/index.php/Tutorial-VB/Tutorial-4-Properties-Method-dan-Event.html
     http://juni-ana-prihati.blogspot.com/2013/04/mengenal-konsep-oop.html




Comments

Post a Comment

Blog ini nofollow, jadi berkomentarlah yang baik jangan mengandung unsur:
-SARA
-SPAM
-Komentar berkaitan dengan artikel dan atau materi yang telah disajikan.
Go Blogger Indonesia ... :D

Popular posts from this blog

Drama Korea A Thousand Days Promise Sinopsis Lengkap

Kali ini saya akan hadir dengan Sinopsis Drama Korea Terbaru yang berjudul A Thousand Days Promise   dan bagi anda penggemar drama korea mungkin tidak mau melewatkan A Thousand Days Promise. drama korea yang berjenis melodrama romantis yang bisa membuat anda sangat terharu. A Thousand Days Promise menceritakan tentang kesetiaan serta kegigihan seorang suami dalam merawat istrinya yang perlahan lahan hilang ingatan,A Thousand Days Promise Korean Drama ini diproduksi pada tahun 2011, dan dibintangi oleh artis papan atas korea seperti Soo Ae sebagai Lee Seo-yeon, Kim Rae-won Sebagai Park Ji-hyung, dan Jung Yoo-mi Sebagai Noh Hyang-ki. Adapun kisah dari drama korea ini sangatlah menyentuh dan sangat mengharukan dengan ending yang bisa ditebak yaitu sad ending. nah bagi anda yang penasaran akan saya berikan Sinopsis A Thousand Days Promise . berikut sinopsisnya. A Thousand Days Promise Sinopsis Drama ini memulai kisahnya pada Lee Seo-yeon (Soo Ae) yang telah mengen

Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro)

Assalamualaikum Wr.WB. Selamat pagi atau apalah pokoknya saya udah ngucapin selamat buat kalian entah pagi,siang,sore,malam,maupun tidur.(hehehe). Sudah lama nih saya tidak posting blog. hmmmm.. ini karena saya masih fokus untuk menyelesaikan semua tugas saya di sekolah saya tercinta. terutama tugas untuk produktif,karena saya adalah seorang anak smk (wkwkkw...). (lama amat, min... ) yaudah ketimbang saya curhat dan ngomong yang gk ada artinya lebih baek simak tulisan atau sedikit tips dan trick,pengetahuan untuk kalian semua. langsung saja , saya akan menulis tentang sebuah artikel yang berjudul " Pengertian dan Definisi Cara Mengetik 10 Jari (Typing Master Pro) ". langsung saja kita simak bareng-bareng.. :D Typing Master Pro (Mengetik 10 Jari) A.       Pengertian.   Typing Mater Pro adalah sebuah software yang dapat melatih kecepatan mengetik kita. Dengan software ini, kita dapat menjadi seorang typing yang handal . Typing Master ini dapat membantu Kita yang ingin

Perbedaan Useradd dan Adduser pada Linux

Soal Produktif. Jelaskan 3 perbedaan perintah Adduser dan Useradd ! Berikut adalah perbedaan useradd dan adduser : 1. a) Useradd : menciptakan user tanpa mengeset password.      b) Adduser : menciptakan user dengan melakukan setting password terlebih dahulu. 2. a) Useradd : menciptakan user tanpa ada home dirktorinya.     b) Adduser : menciptakan user serta home direktorinya. 3. a) Useradd : menciptakan user tanpa memberikan keterangan lengkap mengenai user tersebut.     b) Adduser : menciptakan user dengan memberikan keterangan lengkap si user tersebut.